Wednesday, January 20, 2010

the Invention of Lying




The Invention of Lying, in a world where everyone can only tell the truth, this guy can lie.

(2009, Focus Features International, Ricky Gervais & Matthew Robinson. Ricky Gervais, Jennifer Garner, Jonah Hill, Rob Lowe. Comedy Fantasy 99 min)

Setelah lama banget ga nonton film, akhirnya gue nonton film lagi. Kali ini filmnya The Invention of Lying, nontonnya di DVD ketika gue lagi baca kungfuboy di laptop seru-serunya. Karena ngerasa biasa aja, gue membiarkan Tangkas menyetelnya dan kayanya gue akan baca sambil sedikit-sedikit nonton saja. Semua itu gagal. Gue bahkan langsung tertarik nonton film ini dari sejak opening titlingnya keluar. Awalnya gue merasa bahwa film ini cuma film drama komedi romance yang heartwarming aja. Tapi ternyata, rada jauh dari itu justru.

Detail, ini salah satu keunggulan film ini. Detail-detail yang memang diciptakan dan dipandu oleh Ricky Gervais & Matthew Robinson ini memang menarik, disamping sangat mendukung konsep cerita yang ada, ketidakmungkinan yang dijadikan realita di film ini sungguh berhasil membuat gue terpukau. Seperti opening titling yang mengomentari orang-orang di title itu, pengenalan dunia absurd dengan sekonkret mungkin, penamaan hal-hal wajar dengan bodoh, atau munculnya kata-kata jujur yang mengocok perut.

Sebelum berapresiasi lebih jauh, the Invention of Lying tentu saja bercerita mengenai penemuan berbohong itu sendiri. Adalah Mark Bellison (Ricky Gervais, sutradaranya sendiri) yang merupakan seorang screenwriter cupu, gendut, gak pede, loser lah pokoknya. Tapi dia hidup di dunia dimana orang-orang selalu berkata jujur karena memang tidak bisa berbohong, bukannya tidak mau. Sampai suatu saat terjadi turning point dimana Mark mendapatkan ability untuk berbohong.

Nah adegan-adegan kocak di film ini tentu berisikan dialog dialog bodoh yang jujur, dari dalam hati, dan memang logis. Sungguh jelas kekonsistenan Ricky & Matthew dalam membuat film ini, dimana memang konsisten hanya Mark yang bisa bohong, dan efek bohongnya sangatlah mendalam. Menurut gue ini seperti membuktikan bahwa bohong itu memang nikmat, tapi tentu memiliki konsekuensi yang sangat besar. Seakan-akan, berbohong disini adalah sebuah kekuatan super dari superhero penyelamat dunia. Kocak tentu, bagaimana Mark mempergunakan kebohongannya untuk mendapatkan hal yang dia inginkan, namun tentu dengan konsekuensi yang ada, ia mendapat ganjaran yang setimpal juga.

Esensi film ini jelas sampai ke akar-akarnya, dimulai dari judul, akting, cerita, set, dunia, situasi, semua mendukung. Padahal, harsh and sarcastic british comedy biasanya merupakan salah satu komedi yang paling lokal di dunia ini (selain komedi lokal Indonesia yang benar-benar hanya di Indonesia bisa dilakukannya). Namun di film ini nggak demikian. Semua cast, termasuk pemeran Anna (Jennifer Garner) yang menjadi teman kencan Mark, Frank (Jonah Hill) yang menjadi salah satu teman terbaik Mark, dan tentunya Brad Kessler (Rob Lowe) si antagonis yang memiliki apa yang tidak dimiliki Mark. Pembangunan karakternya solid, dan tidak bertele-tele. Juga Fun.

Semua hal diatas pasti berkat screenplay yang luar biasa, dan tentunya dibarengi aktor-aktris yang lebih luar biasa lagi. Pengembangan cerita pun meski agak monoton, namun tetap diselingi kelucuan. Seperti bertemu orang yang sama di tempat yang sama berkali-kali, namun kondisinya berbeda-beda. Dan memang menunjukkan perubahan yang berarti dan beralasan.

Menurut gue film ini nggak berat, tapi juga butuh sedikit membuka pikiran dalam menonton. Pasalnya, dunia di film ini benar-benar berbeda, dan kalo boleh dibilang, cukup outstanding. Segalanya benar-benar meyakinkan dan membuat gue pengen hidup di dunia seperti itu. Pokoknya The Invention of Lying akan menjadi salah satu film komedi wajib tonton bagi para penggemar komedi, terutama penggemar film dengan logat british super kental.

It’s hilariously fun, and differently honest. And so far, it is too honest.

FYI, ketika mengetik review ini, gue kerap mengetik the invention of "lyung" atau "lyong". entah kenapa jari ini kepleset terus.

2 comments:

  1. Horeee Pertamax

    Akhirnya ketemu juga sesama blogger yang hobi film :D

    Salam kenal dari Blogger baru yang kebetulan hobi film juga :)

    Numpang naroh link blognya di blog ku yah :

    http://just-filmajah.blogspot.com

    mohon kritik dan saran dari sesepuh bloger disini :D

    makasih

    ReplyDelete
  2. minta ijin ngeshare (copy paste) di http://sayasukanontonfilm.blogspot.com/

    syukur2 kalau mau membantu saya mengisi blog tersebut, biar title jadi pas, WE love watching movies

    ReplyDelete